UPAYA DETEKSI DINI, PUSKESMAS PASRUJAMBE LAKUKAN SCREENING KESEHATAN DAN PEMEMUHAN GIZI SEIMBANG

2 min read

MAALHIKMAHPASRUJAMBE.SCH.ID, Pasrujambe – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan siswa di madrasah, Puskesmas Pasrujambe mengadakan Screening Kesehatan yang dialukan kepada siswa dan siswi kelas X (sepuluh). Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, (02/11/23) di ruang kelas MA Al-Hikmah Pasrujambe mulai jam 08.00 sampai jam 10.00 WIB.

Screening kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Pasrujambe meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan gigi, dan mulut serta pemeriksaan kesehatan telinga, mata dan golongan darah untuk kelas X. Di samping itu untuk kelas XII ada kegiatan bergizi dengan melakukan senam bersama, makan bersama serta bagi pelajar putri ditambah dengan sosialisasi tentang menstruasi atau haid serta pemberian tablet FE (zat besi).

screening kesehatan ini, dilkukan untuk mendeteksi dini kesehatan siswa, tidak hanya itu saja, tetapi ada sosialisasi tablet penambah darah (tablet FE ) yang harus dikonsumsi setiap minggu sekali selama 8 bulan, ini merupakaan program pemerintah untuk menyiapkan remaja putri sehat sejak dini” ujar Yeyen Indyani salah satu tim screening saat ditemui di ruangan.

Tim screening beraggotakan enam orang yang merupakan petugas kesehatan dari puskesmas pasrujambe. Tes yang dilakukan berupa tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, dan golongan darah. Hasil dari kegiatan screening diserahkan kembali ke sekolah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi siswa yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.

Ibu Nur Anita, S.Pd selaku kepala madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dinantikan karena kalau screening hanya dilakukan oleh anak-anak saja kurang begitu jelas hasil yang didapat dengan adanya kegiatan ini kami sangat terbantu.

 “setiap satu minggu sekali sebenarnya anak-anak posbindu dan pmr sudah melakukan screening ke temnan sebayanya, akan tetapi hasil yang dilaporkan belum begitu jelas, sehingga paling tidak perlu satu bulan sekali dari pihak puskesmas hadir untuk mendampingi anak-anak kami dan juga melakukan screening ulang.” Tambahnya.

Screening kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama-sama tim kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar karena semua siswa mengikuti kegiatan sesua dengan arahan yang sudah diberikan.

Pewarta : Siti Hawiyah – XII IPA

Editor : Bayu Setiawan, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *