Peringatan Sumpah Pemuda Melalui Bersih Sungai

2 min read

28 Oktober 2023 secara serentak bangsa Injdonesia memperingati hari sumpah pemuda yang ke 95. Dalam rangka mengabadikan momen ini siswa MA Al-Hikmah Pasrujambe mengikuti aksi bersih World Clean Up Day Core Team Kabupaten Lumajang. Hal ini dilakukan selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda juga sebagai aksi atas mirisnya keadaan sungai timur pasar Dusun Krajan I Desa Pasrujambe. Sungai dipenuihi sampah, sehingga aliran air tidak lancar, dan kondisi air tercemar oleh sampah. Aliran yang awalnya sangat lebar sekiatar 3 meter menjadi 1 meter saja, karena tumpukan sampah di area bawah jembatan sebelah timur (di bawah air terjun).

Aksi ini diselenggarakan oleh AMJI (Aksi Muda Jaga Iklim) yang berkolaborasi dengan WCDI (World Clean Up Day Indonesia Core Tim),  yaitu organisasi bersi-bersih Indonesia. Aksi ini sebenarnya dilakukan oleh 350 titik di seluruh Indonesia, salah satunya di Pasujambe.  Selain itu juga terdapat organisasi-organisasi lain yang ikut serta dalam aksi ini, diantaranya yaitu Kelompom Sadar Wisata Pasrujambe (Pokdarwis), yang dimotori oleh Bapak Trubus, Bapak Suprayogi dan Ibu Jumik serta beberpa pengurus yang ikut hadir.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan, yang diawali dengan pembacaan Sumpah Pemuda yang dibacakan oleh Muhamad Farel siswa MA AL Hikmah Pasrujambe. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan, dan diikuti aksi bersih sampah. Sampah yang menggunung membuat peserta kegiatan tersebut agak kesulitan, karena sampah mengeras dan menyatu dengan tanah, serta banyaknya sampah non organik, seperti sampah plastic, sampah kain, pempes, yang membuat sulit dalam pembersihan.

Disela-sela kegiatan bersih sungai, Bapak Trubus selaku pengurus Pokdarwis mengatakan, sangat bangga dan mengapresi kegiatan ini, karena mampu menumbuhkan sadar cinta lingkungan khususnya di kalangan pemuda. Selain itu Beliau juga berharap semoga kegiatan seperti ini akan berlanjut di kegiatan dan lokasi lain. Beliau juga menambahkan Pokdarwis akan bersinergi dengan MA AL Hikmah dalam mengembangkan potensi Desa Wisata Pasrujambe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *