PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2021

2 min read

Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tanggal 10 November. Tahun ini peringatan Hari Pahlawan jatuh pada Rabu, 10 November 2021. Dalam menyambut peringatan tersebut, MA Plus Keterampilan Al Hikmah Pasrujambe mengadakan upacara, perlombaan drama dan Bazar produk karya siswa siswi MA Plus Keterampilan Al Hikmah Pasrujambe.

Sejarah singkat hari pahlawan

Pertempuran Surabaya merupakan sejarah penting dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pertempuran Surabaya adalah perang antara tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania. Pertempuran ini dimulai sejak 27 Oktober hingga 20 November 1945. Sementara puncak pertempuran, terjadi pada 10 November 1945. Puncak pertempuran tersebut yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ini menjadi salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia. Pertempuran ini juga menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Adapun, penyebab Pertempuran Surabaya hingga terjadinya peristiwa 10 November 1945 berawal dari insiden di Hotel Yamato. Di mana, tentara Belanda saat itu mengibarkan bendera kebangsaannya di atas Hotel Yamato. Akibatnya, timbul kegaduhan dari penduduk Surabaya. Hingga akhirnya, tokoh bangsa Hariyono dan seorang pemuda, Koesno Wibowo berhasil merobek bendera Belanda di atap Hotel Yamato. Aksi tersebut memancing emosi Belanda. Pertempuran semakin panas. Tak berselan lama, seorang Komandan Militer Inggris Jenderal Mallaby tewas saat melintas Jembatan Merah. Inggris juga Belanda marah dan mengancam Indonesia. Namun, ancaman tersebut tak membuat gentar tentara serta arek Suroboyo. Bahkan mereka menyatakan siap perang untuk mempertahankan Indonesia. Hingga, pagi di 10 November 1945, Sutomo atau yang dikenal dengan Bung Tomo membakar semangat para pejuang. Pekik kalimat ‘Merdeka atau Mati’ terus digaungkan oleh para pejuang. Pertempuran pun pecah pada 10 November 1945. Banyak korban berjatuhan dari pejuang Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Usai pertempuran ini, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat. 10 November kemudian diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

Upacara dimulai pukul 08.00 dengan pembina upacara Ibu Rina Ristianingsih, S.Pd. Kegiatan selanjutnya adalah perlombaan Drama yang bertema “Hari Pahlawan” dan diselingi dengan Bazar Produk karya siswa siswi MA Plus Keterampilan Al Hikmah Pasrujambe.

Bazar Produk Siswa siswi MA Plus Keterampilan Al Hikmah Pasrujambe

Adapun produk yang dijual adalah

  1. Hasil karya “Protabus” Program Tata Busana yaitu Macam-macam kerudung, baju dsb.
  2. Bibit sayuran seperti bibit Sawi, terong, kangkung, seledri, selada, daun salam, jeruk purut dsb.
  3. Macam-macam bibit Bunga
  4. Makanan khas Jawa/Aneka jajanan pasar  tradisional: Cenel, kelepon, Es Dawet, Pecel, Putu Ayu, Lemet, dsb

Untuk penampilan Drama silahkan klik Youtube Chanel MA Al Hikmah Pasrujambe di https://www.youtube.com/watch?v=_Xy2DePQhWw Perlombaan Drama dilaksanakan oleh semua kelas mulai dari kelas 10 IPA IPS sampai kelas 12 IPA IPS. Adapun perlombaan drama dimenangkan oleh kelas 12 IPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *