KETERAMPILAN TATA BUSANA

2 min read

Maalhikmahpasrujambe.sch.id. Keterampilan Tata Busana MA AL-HIKMAH Pasrujambe berjalan sudah hampir dua semester. Proses pembelajaran keterampilan  terdiri dari pembelajaran teori dan praktek. Bahan yang digunakan untuk praktek sudah disediakan oleh madrasah. Media pembelajaran sangat penting selain sebagai panduan dalam pembelajaran juga  berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keterampilan tata busana menyediakan media berupa buku cetak, kliping desain busana, contoh laporan pembuatan busana dan juga internet yang disediakan sekolah.

Nilai keterampilan bukan hanya berfungsi sebagai cerminan dari hasil usaha mereka dalam proses pembelajaran namun juga berpengaruh terhadap nilai rapor peserta didik dan juga sebagai penentu kenaikan kelas. Sehingga peserta didik tidak bisa menganggap remeh pelajaran keterampilan. Ini juga merupakan bukti bahwa keterampilan juga dibutuhkan dalam pendidikan. Kali ini sudah menghasilkan karya berupa tas dengan jahitan yang sangat bagus. Tas akan di pasarkan jika target sudah seusai selain itu juga ada kerudung.

Penataan ruang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu ruang instalasi keterampilan tata busana diatur sedemikian rupa sehingga membuat peserta didik semangat dan nyaman dalam belajar. Pengaturan ruangan selalu berbeda tiap semester, guna menghilangkan kejenuhan dan menimbulkan suasana baru dalam belajar. Pada umumnya konsep penataan mesin untuk alat praktek dibuat berkelompok untuk memungkinkan peserta didik berdiskusi dengan teman dalam praktek untuk mengatasi ketidakpahaman tahap demi tahap proses pembuatan suatu produk, hal ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan teman agar pelajaran yang diberikan dapat terserap dengan sempurna. Selain pengaturan mesin sebagai alat praktek, pengaturan meja belajar ataupun sebagai tempat untuk memotong bahan juga dibuat berhadap-hadapan agar mereka bisa berdiskusi tentang cara memotong bahan yang baik,  cara memindahkan tanda pola yang benar serta cara membuat laporan hasil praktek yang benar.

Jam pelajaran keterampilan biasanya diletakkan pada 3 jam terakhir, oleh sebab itu sambil menunggu jam mengajar atau jam pulang, kami sebagai guru sering membuat pakaian, mukena atau produk lain yang berhubungan dengan busana di ruangan tata busana, hal ini dilakukan selain utuk mengisi waktu luang juga dimaksudkan untuk menarik minat peserta didik untuk melihat proses kerja pembuatan suatu pakaian yang mungkin juga akan membangkitkan minat peserta didik untuk mempelajarinya. Selain itu juga dimaksudkan agar membiasakan peserta didik mengisi waktu luang mereka dengan melanjutkan praktek yang belum selesai atau membuat produk-produk baru yang mungkin tidak diajarkan.  Dan terbukti antusias mereka dalam mengerjakan tugas di luar jam pelajaran dengan mengunjungi ruangan tata busana disaat jam pelajaran kosong atau setelah pulang sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *