LITERASI SEJARAH PASRUJAMBE

1 min read

Dalam rangka mengisi kegiatan semester. Disela-sela kegiatan classs meeting MA Al-Hikmah Pasrujambe mengadakan kegiatan seminar Sejarah dengan menghadirkan Sejarawan dari Musium Kabupaten Lumajang pada Selasa, 19 Desember 2023. Kegiatan ini bertema Literasi Sejarah dengan harapan, siswa MA Al-Hikmah Pasrujambe dapat menghargai Sejarah yang ada, hususnya sejarah yang ada di Pasrujambe.
Kegiatan yang dipandu oleh Ibu Mahfufah berlangsung selama 3 jam. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Infonesia Raya, sambutan Kepala Madrasah, serta sambutan dari Ketua Kelompok Sadar Wisata Pasrujambe.
Kemudian lanjut kegiatan inti yaitu materi profil musium dan materi sejarah Pasrujambe.
Materi Profil Musium disampaikan oleh Bapak Siyono Hadi. Beliau menyampaikan bahwa di musium terdapat dua ruangan yaitu riangan purnakala, dan ruangan seni budaya. Pada riang purbakala terdapat peninggalan-peninggalan kuno (piring-piring kuno, klenengan, hiasan atap rumah, dll), juga terdapat prasasti (batu peninggalan berisi tulisan). Dan prasasti yang ada kebanyakan adalah milik Pasrujambe. Untuk itu beliau mengapresiasi bahwa siswa MA Al-Hikmah Pasrujambe harus bangga karena terdapat banyak prasasti yang ditemukan di daerah Pasrujambe.
Materi ke-2 adalah materi sejarah Pasrujambe yang disampaiak oleh Ibu Aries Purwantiny. Beliau menjelaskan bahwa terdapat 22 prasasti yang ditemukan di Pasrujambe, namun tidak semua prasasti ada di musium Lumajang, hanya beberapa saja, dan sebagian besar ada di musium MPU Tantular Surabaya. Di salah satu prassati yang ditemukan terdapat tulisan yang isinya ketika bertapa jangan menebang pohon, hal itu berarti kita harus menjaga alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *